Cara Menggunakan Aplikasi Translate Aksara Bali Undiksha

Kalian dapat translate aksara Bali Undiksha ke latin atau sebaliknya dengan mengetikkan pada kolom yang sudah diadakan pada transtool online di atas tanpa butuh mengeklik tombol“ Translate”. Program aplikasi hendak dengan cara otomatis mengerjakan apa yang kalian ketikkan.

Kebalikannya, jalani tahap selanjutnya buat menerjemahkan aksara Bali ke graf Latin:

  • Masukkan bacaan aksara Bali kotak“ Aksara Bali”
  • Klik tombol“ Translate”
  • Hasil alih bahasa tampak pada kotak yang sama

Generator Translate Aksara Bali

Buat kalian yang ingin translate aksara Bali ke Latin serta kebalikannya, selanjutnya merupakan suatu perlengkapan simpel buat mengetik aksara Bali online dengan keyboard lazim( QWERTY). Tanpa sulit, lumayan ketikkan tutur yang kalian ingin serta aksara Balinya hendak langsung timbul.

Aplikasi translate aksara Bali yang dapat kalian maanfaatkan buat mengganti kepribadian dengan abjad Latin ke aksara khas Pulau Dewata ataupun kebalikannya dengan gampang. Menurut kompiwin.com, kamu bisa menggunakan aplikasi ini gratis dan mendapatkannya di
Playstore.

Perlengkapan ini dapat jadi pengganti Google Translate buat penerjemahan alfabet Latin jadi aksara Bali. Pasti program ini hendak lebih cermat dipakai buat menulis bacaan dalam bahasa Bali. Hendaknya maanfaatkan bahasa Bali cocok maksudnya buat penyusunan aksara Bali.

Buka laman translate bahasa Bali yang sudah kita untuk buat melaksanakannya. Kalian dapat menerjemahkan julukan orang ataupun julukan tempat cocok maksudnya.

Sejarah Aksara Bali

Aksara Bali serta Hanacaraka merupakan abugida yang dipakai di Pulau Bali, Indonesia, biasanya buat menulis bahasa Bali Austronesia, Jawa Kuno, serta bahasa ibadat Sansekerta. Dengan sebagian perubahan, aksara itu pula dipakai buat menulis bahasa Sasak di Pulau Lombok.

Baca Juga :   Terbukti, Ini Aplikasi Android yang Bisa Menghasilkan Uang

Aksara itu ialah anak aksara Brahmi, alhasil mempunyai banyak kesamaan dengan aksara modern lain di Asia Selatan serta Asia Tenggara. Aksara Bali, bersama dengan aksara Jawa, dikira yang sangat kompleks serta berornamen di antara aksara Brahma di Asia Tenggara.

Walaupun warga telah tidak sering memakai catatan aksara Bali dalam aktivitas tiap hari sebab sudah digantikan oleh alfabet Latin, aksara Bali mempunyai kebiasaan yang penting di banyak seremoni konvensional pulau itu serta amat terpaut dengan agama Hindu.

Aksara ini saat ini dipakai buat memindahkan dokumen melempar yang bermuatan teks- teks keimanan. Pada era kemudian, aksara ini mungkin besar pula dipakai oleh Kerajaan Bali.

Karakteristik

Aksara Bali Swalalita mempunyai 47 graf, tiap- tiap menggantikan kaum tutur dengan bunyi bawaan atau a atau ataupun atauə atau di akhir perkataan, yang berganti terkait pada diakritik di dekat graf itu.

Bahasa Bali asli ditulis dengan 18 graf konsonan serta 9 graf bunyi, sebaliknya alih aksara Sansekerta ataupun tutur pinjaman dari bahasa Sansekerta serta Jawa Kuno memakai set komplit. Selengkap graf yang dimodifikasi pula dipakai buat menulis bahasa Sasak.

Tiap konsonan mempunyai wujud konjungsi yang diucap cantolan yang menghapuskan bunyi yang menempel pada kaum tutur lebih dahulu. Ciri baca melingkupi koma, titik, titik 2, dan ciri buat memberitahukan serta memberhentikan bagian bacaan.

Catatan nada memakai ikon semacam graf serta ciri diakritik buat membuktikan data bunyi. Bacaan ditulis dari kiri ke kanan tanpa batasan tutur( Scriptio continua). Terdapat pula satu set“ pesan bersih” yang diucap aksara modre yang timbul dalam teks- teks agama serta jimat penjaga.

Mayoritas aksara itu dibentuk memakai diakritik ulu candra dengan kepribadian yang cocok. Beberapa kepribadian bonus, yang dikenal dipakai sealur dalam bacaan, senantiasa dipelajari serta kepribadian itu diharapkan hendak diusulkan selaku perpanjangan Bali pada sesuatu dikala.

Baca Juga :   WhatsApp Kembangkan Fitur Stiker Avatar Buatan Sendiri

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *